Profil Desa

PROFIL DESA LUBUK BANJAR

KEC. LUBUK RAJA KAB. OKU

TAHUN 2016

  1. LETAK WILAYAH

Desa Lubuk Banjar adalah sebuah Desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Desa Lubuk banjar merupakan Desa Exs Tranmigrasi Tahun 1979 dari Jawa Tengah dengan Tepatnya dari Dataran Tinggin Dieng dengan Jumlah KK awal 345 KK. Desa Lubuk Banjar Merupakan salah satu dari 7 Desa diwilayah Kecamatan Lubuk Raja. Desa Lubuk Banjar telah berdiri sejak tahun delapan puluhan sebagai desa exs tramigrasi yang pada awalnya merupakan desa belum divinitif dan menjadi desa divinitif pada tahun 1985, berikut Sejarah Kepemimpinan Desa Lubuk Banjar :

  • Parson                                               Kepala Unit Tahun 1979 s/d 1980
  • Syafe’i                                               Kepala Unit Tahun 1980 s/d 1982
  • Ridwan                                             Kepala Unit Tahun 1982 s/d 1984
  • Abdul Aziz                                        Kepala Unit Tahun 1984 s/d 1985
  • Sudjak                                               Kepala Desa Tahun 1985 s/d 1993
  • Kholid Orba Santoso                      Kepala Desa Tahun 1993 s/d 2002
  • Sugiono                                             Kepala Desa Tahun 2002 s/d 2014
  • MH. Dwi Purwanto                        Kepala Desa Tahun 2014 s/d Sekarang

Desa Lubuk Banjar Merupakan salah satu dari 7 Desa diwilayah Kecamatan Lubuk Raja yang terletak 15 Km dari Kantor Kecamatan Lubuk Raja dengan luas wilayah kurang lebih 25000 Ha. terdiri dari pemukiman penduduk, pertanian dan paling luas kawasan perkebunan.

  1. LUAS WILAYAH : 2500 Ha

Tanah Pemukiman                   :  85 Ha

Tanah Perkebunan                   :  2.400 Ha

Tanah Fasilitas Umum            :  15 Ha

  1. PEMBAGIAN WILAYAH DUSUN

Semenjak ditetapkannya Peraturan Desa Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan Rukun Tetangga dan RK (Dusun) dan Keputusan Kepala Desa Lubuk Banjar Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penetapan Jumlah dan Pembagian Wilayah Rukun Tetangga dan RK (Dusun), ditetapkan menjadi VI Dusun, dan  25 RT dengan pembagian sebagai berikut :

Dusun I           : 5 RT

Dusun II          : 3 RT

Dusun III        : 5 RT

Dusun IV        : 4 RT

Dusun V          : 4 RT

Dusun VI        : 4 RT

  1. POTENSI SUMBER DAYA AL
  2. Perkebunan

Jumlah keluarga yang tidak memiliki lahan perkebunan sebanyak 130 Keluarga, yang  memiliki lahan perkebunan kurang dari 1 Ha sebanyak 125 keluarga, yang memiliki lahan 1-5 Ha sebanyak 430 keluarga, yang memiliki 5-10 sebanyak 325 Keluarga dan yang memiliki lebih dari 10 Ha 23 orang. Tanaman perkebuan yang di tanam di Desa ini mayoritas adalah jenis tanaman karet. Hasil perkebunan tersebut di jual melalui tengkulak.

berikut rincian keluarga yang memiliki lahan perkebunan :

  1. Yang tidak memiliki lahan perkebunan          : 130 Keluarga
  2. Memiliki lahan kurang dari 1 Ha                    : 125 Keluarga
  3. Memiliki 1-5 Ha                                              : 430 Keluarga
  4. Memiliki 5-10 Ha                                            : 325 Keluarga
  5. Memiliki lebih dari 10 Ha                               : 23 Keluarga

 

  1. Pertanian

Jumlah keluarga yang tidak memiliki lahan pertanian/Pangan sebanyak  1025 keluarga, dan yang memiliki lahan pertanian/pangan kurang dari 1 Ha 9 keluarga.  Hasil utama pertanian/pangan warga adalah Padi dan Ubi, yang jumlah total seluruhnya adalah 6,75 Ha, hasil perranian /pangan tersebut di perunakan untuk mencukupi kebutuhan keluarga sendiri.

berikut rincian keluarga yang memiliki lahan pertanian/Pangan :

  1. Yang tidak memiliki lahan pertanian/Pangan : 1024 Keluarga
  2. Memiliki lahan kurang dari 1 Ha                    : 9 Keluarga
  3. Memiliki 1-5 Ha                                              : – Keluarga
  4. Memiliki 5-10 Ha                                            : – Keluarga
  5. Memiliki lebih dari 10 Ha                               : – Keluarga2.Peternakan

 

Jenis populasi ternak di Desa Lubuk Banjar diantaranya sapi dengan jumlah pemilik  20 orang dan perkiraan jumlah populasi 100 ekor. Kerbau dengan jumlah pemilik – orang dan perkiraan jumlah populasi – ekor. Ayam kampung dengan jumlah pemilik 800 orang dan perkiraan jumlah populasi sebanyak 5.000 ekor. Terakhir kambing dengan jumlah pemilik 50 orang dan perkiraan jumlah populasi 200 ekor.

  1. Perikanan

 

Desa Lubuk Banjar memiliki budidaya ikan air tawar dengan sarana empang/kolam sebesar ± 1 Ha dengan hasil 500 Kg/th. Hasil perikanan tersebut sebagian di Konsumsi sendiri dan sebagian lagi dijual langsung ke konsumen.

  1. Sumber Daya Air

Sumber air bersih yang dimanfaatkan oleh penduduk Desa Lubuk Banjar adalah 30 unit Sumur bor yang dimanfaatkan oleh 730 KK, dan 35 unit sumur gali yang dimanfaatkan oleh  303 KK. Dan 7 unit cek Dam yang terdapat di Desa Lubuk Banjar.

  1. GAMBARAN UMUM DEMOGRAFI
  2. Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk Desa Lubuk Banjar sampai akhir Desember 2016 adalah 3.686. (laki-laki : 1875 orang dan perempuan : 1811 orang) dengan jumlah KK (Kepala Keluarga) sebanyak 1033 KK.

  1.  Struktur Sosial

Masyarakat desa Lubuk Banjar pada umumnya mempunyai struktur sosial yang beragam. Sebagian besar senang berkumpul, berorganisasi untuk kemajuan desa dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, misalnya:

  1. Di Bidang Sosial Masyarakat, senang beranjangsana ke tetangga melalui arisan, temu warga RT, gotong royong, kerja bakti, atau bakti sosial lainnya.
  2.  Di Bidang Sosial Agama, mengadakan pengajian-pengajian, membentuk ikatan remaja masjid, dan beraneka kegiatan keagamaan lainnya.
  3. Di Bidang Olahraga, terutama untuk pemuda. yaitu Bola Volly, Sepak Bola, Bulu                   Tangkis, Dan Olah Raga Seni Bela Diri ( Pencak Silat )
  4. jenis Pekerjaan Dan Pendidikan
  5. Pekerjaan

 

No.

Jenis Pekerjaan

Jumlah Keterangan
1. Petani dan Pekebun 1.899 Orang  
2. Pedagang/wiraswasta/pengusaha 16 Orang  
3. Pengrajin 3 Orang  
4. Pegawai Negeri 23 Orang  
5. TNI/Polri 2 Orang  
6. Penjahit 6 Orang  
7. Buruh Tani 187 Orang  
8. Montir/ Sopir 30 Orang  
9. Tukang kayu/ batu 25 Orang  
10. Guru swasta 24 Orang  
11. Karyawan swasta/BUMN/BUMD 5 Orang  
12. Peternak 12 Orang  
13. Tidak Bekerja  
  1. Pendidikan
No. Pendidikan Jumlah Keterangan
1. TK/RA  
2. SD/MI/Paket A 277 Orang  
3. SMP/Paket B 416 Orang  
4. SMA/Paket C 406 Orang  
5. D1 51 Orang  
6. D2 11 Orang  
7. D3 34 Orang  
8. Sarjana (S1) 91 Orang  
9. Pascasarjana (S2) 1 Orang  
10. Doktor (S3)  

 

  1. KEHIDUPAN BERAGAMA

Seluruh Penduduk Desa Lubuk Banjar menganut Agama Islam yaitu sebanyak 3.686 orang dengan etnis Jawa sebanyak 3.342 Orang , etnis Sunda sebanyak 110 Orang, etnis Ogan sebanyak 215 Orang, etnis Komering sebanyak 11 Orang, etnis Padang sebanyak 2 Orang , etnis Madura sebanyak 5 Orang, dan etnis Cina sebanyak 1 Orang . Di desa ini terdapat  13 masjid jami’ dan 18 mushala/langgar/surau yang digunakan untuk beribadah dan mengadakan kegiatan keagamaan. Kehidupan beragama desa ini juga tercermin dalam kegiatan keagamaan lain berupa peringatan maulid/ kelahiran Nabi Muhammad S.A.W. yang biasa disebut dengan muludan, acara tersebut biasa dilakukan di masjid atau mushala dan diisi dengan pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an, ceramah. Selain itu tradisi Mingguan masih dilakukan di desa ini, tradisi ini berupa pengajian yang biasa dilakukan setiap seminggu sekali dan Slapanan  yang dilakukan setiap 35 Hari di masjid atau mushala yang terdapat di tiap ke-RT-an.

  1. KESEHATAN LINGKUNGAN

Secara umum, masalah kesehatan di Desa Lubuk Banjar sudah baik. Jarak antara jamban dan septictank yang tidak terlalu dekat mengakibatkan kebersihan air terjaga, selain itu jarak dari rumah ke kandang peternakan hewan juga tidak terlalu dekat, namun kebersihan udara di desa ini cukup terjaga.  Jenis penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat di desa ini adalah Ispa, Penyakit kulit (alergi) dan Reumatik. Fasilitas kesehatan di desa ini Sudah memadai, hal ini ditunjukkan dengan jumlah ketersediaan posyandu yang berjumlah 6 unit dan terletak di Setiap Dusun. Selain itu terdapat sarana kesehatan lain berupa PUSKESMAS pembantu yang terletak di Desa Lubuk Banjar, serta terdapat tenaga kesehatan dukun bersalin terlatih yang Berjumlah 6 Orang dan bidan yang berjumlah 10 orang dan perwat 7 Orang. Untuk warga yang tidak mampu dianjurkan untuk menggunakan JS3 (jaminan social Sumatra Selatan Semesta), dengan persaratan KK dan KTP Sum-Sel. Dengan Adanya JS3, biaya kesehatan untuk warga yang tidak mampu bisa gratis karena di ambil dari anggaran kesehatan APBD Provinsi Sum-Sel Dan APBD Kab OKU. Selain pembuatan JS3, ada pula JKN (Jaminan Kesehatan Nasioanal). Namun JKN tersebut m empunyai kendala yaitu: pemberiannya belum merata, dan kurang tepat sasaran.

  1. KEHIDUPAN SOSIAL KEBUDAYAAN

Seluruh Masyarakat Desa Lubuk Banjar beragama Islam, Dalam kehidupan lainnya masyarakat Desa Lubuk Banjar sebagian masih melaksanakan upacara yang menyangkut daur hidup manusia, seperti upacara perkawinan, upacara kehamilan, upacara kelahiran, dan upacara kematian.

  1. Upacara perkawinan

Ritual yang dilakukan dalam upacara perkawinan yaitu :

Masyarakat di Desa Lubuk Banjar tergolong ke dalam masyarakat dengan standar kehidupan yang sederhana, setelah akad nikah biasanya resepsi dan diisi dengan acara Pengajian dan hiburan Orgen Tunggal sebagai bentuk dari rasa syukur mereka.

  1. Upacara kematian

Sebagian kecil masyarakat Desa Lubuk Banjar masih melakukan Ritual yang menyangkut kematian yaitu pembacaan Surat Yasin pada saat 7 harian, 40 harian, 100 harian hingga setahunan, hal ini bertujuan untuk mendoakan arwah yang telah meninggal.

  1. SARANA DAN PRASARANA

Sarana dan Prasarana di Desa Lubuk Banjar ini meliputi berbagai aspek, yaitu aspek Pemerintahan, Pendidikan, dan Kesehatan. Untuk aspek Pemerintahan desa ini memiliki Balai Desa sekaligus Gedung Serba Guna yang terletak di Rt.02 Dusun III, di tempat ini juga biasa dimanfaatkan warga untuk melakukan kegiatan olahraga dan pertemuan penting antar aparat desa dengan seluruh masyarakat dalam kegiatan penyuluhan dan hal penting lainnya.

Dalam bidang pendidikan

Pada pendidikan formal sarana pendidikan yang ada adalah :

  1. Sekolah Dasar (SD
  1. MIM Lubuk Banjar
  2. SD Negri 142 OKU
  1. Sekolah Menengah Pertama(SMP)
  1. SMP M Lubuk Abnjar
  2. SMP Negri 25 OKU
  1. Sekolah Menengah Atas
  1. SMA Negri 14 OKU

Pada pendidikan non formal adalah

  1. 2 Paud
  2. 3 TK ABA
  3. Yayasan Darul Anwar
  4. PKBM Al Ghazali (Paket A,B dan C serta kursus Komputer)
  5. Rumah Tahfidz Al-Munawar Desa Lubuk

Dalam bidang kesehatan

Desa Lubuk Banjar memiliki 6 Unit Posyandu dan 1 Unit Puskesmas Pembantu yang terletak di Desa Lubuk Banjar, 1 Unit Bidan Praktek, 2 Unit Mantri Praktek

SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAAN

PAUD BUSTANUL ATFAL DESA LUBUK BANJAR

MI MUHAMMADIYAH DESA LUBUK BANJAR

SD N 124 OKU DESA LUBUK BANJAR

SMP MUHAMMADIYAH DESA LUBUK BANJAR

SMP N 25 OKU DESA LUBUK BANJAR

SMA N 14 OKU DESA LUBUK BANJAR

PKBM AL – GHOZALI DESA LUBUK BANJAR

RUMAH TAHFIDZ AL – MUNAWAR

 

SARANA DAN PRASARANA KESEHATAN

PUSTU (PUSKESMAS PEMBANTU) DESA LUBUK BANJAR

POSYANDU DESA LUBUK BANJAR

SARANA DAN PRASARANA UMUM

TPU AL – MUHAJIRIN

LAPANGAN VOLLY DESA LUBUK BANJAR

  1. INDUSTRI RUMAH TANGGA DAN USAHA KECIL

Industri rumah tangga yang ada di Desa Lubuk Banjar adalah industri Tahu dan Tempe, sedangkan usaha kecil yang dijalani masyarakat di desa ini adalah Usaha Makanan Ringan (Pembuatan Kerupuk, Kripik, Kue Kering/ Roti.

  1. PEMBANGUNAN DESA

Pembangunan desa berjalan berkat peran serta masyarakat dan pemerintah Desa setempat. Perencanaan pembangunan yang dilakukan oleh masyarakat dilakukan melalui suatu forum bersama antara masyarakat dengan instansi pemerintahan. Forum tersebut adalah Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa/ Kelurahan/ Musrenbangdes/Kelurahan.

Jumlah musyawarah perecanaan pembangunan tingkat desa/ kelurahan yang dilakukan pada tahun 2016, termasuk di tingkat dusun dan lingkungan adalah sebanyak tiga kali, jumlah kehadiran masyarakat dalam setiap kali musyawarah tingkat dusun/ lingkungan dan desa/ kelurahan sebesar 98%. Jumlah peserta laki-laki dalam Musrenbangdes di desa/ kelurahan sebesar 82%, jumlah peserta perempuan dalam Musrenbangdes di desa/ kelurahan sebesar 14%. Jumlah musyawarah antar desa dalam perencanaan pembangunan yang dikoordinasikan kecamatan sebesar 2%. Sumber data dasar yang digunakan sebagai bahan dasar dalam perencanaan pembangunan desa dan forum Musrenbangdes adalah data mengenai profil desa dan data BPS (Badan Pusat Statistik). Profil desa yang digunakan di dalam Musrenbangdes ini terus dimutakhirkan dengan melibatkan masyarakat desa sebagai objek sekaligus subjek dari pemetaan profil desa. Selain itu ada pula usulan masyarakat yang disetujui menjadi Rencana Kerja Desa dan Kelurahan sebesar 80% dan usulan pemerintah desa dan kelurahan yang disetujui menjadi Rencana Kerja Desa/ Kelurahan dan dimuat dalam RAPB-Desa sebesar 75%. Adapun usulan rencana kerja program dan kegiatan dari pemerintah kabupaten/ kota/ provinsi dan pusat yang dibahas saat Musrenbangdes dan disetujui untuk dilaksanakan di desa dan kelurahan oleh masyarakat dan lembaga kemasyarakatan desa/kelurahan memiliki persentase sebesar 100%. Desa ini memiliki dokumen Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes). Selain itu memiliki pemilikan rencana pembangunan jangka menengah desa/ kelurahan (RPJMDes), dan pemilikan dokumen hasil Musrenbangdes tingkat desa dan kelurahan yang diusulkan kepemerintah tingkat atas untuk dibiayai APBD kabupaten/ kota, dan APBN maupun sumber biaya dari perusahaan swasta yang investasi di desa. Jumlah kegiatan yang diusulkan masyarakat melalui forum Musrenbangdes yang direalisasikan dalam APB desa, APB daerah kabupaten/ kota provinsi Empat Bidang, yaitu Bidang Penyelenggaraan Pemerintah desa, Bidang Pembangunnan Desa, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa, dan Bidang Pemberdayaan Masyarakat

    TATA PEMERINTAHAN 

Desa Lubuk Banjar  dikepalai oleh Kepala Desa yang dibantu oleh Sekretaris Desa, Kepala Urusan (KAUR) Pemerintahan, KAUR Pembangunan, KAUR Kesejahteraan Rakyat, KAUR Umum, dan Kaur Keuangan, Staff Desa, Kepala Dusun, dan Kasat Linmas. Kepala Desa Lubuk Banjar dalam pelaksanaannya bertugas membina 6 Dusun , dan 25 RT. Selain perangkat desa, terdapat pula lembaga lainnya yaitu BPD (Badan Permusyawaratan Desa) sebagai pengawas, LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), PKK, dan Karang Taruna. Desa Lubuk Banjar terdiri dari 6 Dusun, antara lain Dusun I, Dusun II, Dusun III, Dusun IV, Dusun V, dan Dusun VI.

Daftar nama perangakat Pemerintah Desa Lubuk Banjar :
Kepala Desa                : H. MH. DWI PURWANTO
Sekretaris DesA          : AMRULLOH
Kaur Pemerintahan     : REFINA PUJIANTO
Kaur Pembangunan    : NAFHAN
Kaur Kesra                  : ROHIB ANSORI
Kaur Keuangan           : ADEK PURNAMA SARI, SE.
Kaur Umum                : INAYAH, A.Md.
Staf                             :   SALMAN SUKRON, ST.

MERCYANDA DWIDASWARA,SE

FARID AFRIZAL RONBIYANSAH.

BPD (Badan Permusyawaratan Desa)

Ketua BPD                : SARNOTO

Wakil Ketua                : BUDIONO

Sekretaris                    : BUDIYOTO

Anggota                      : A ROSANI

Anggota                      : JAUHARMONO

Kadus I                       : TEGO UTOMO, S.IP
Kadus II                      : NURROHIM
Kadus III                    : MUGIAT

Kadus IV                    : WIBOWO SANTOSO

Kadus V                      : MUGIONO

Kadus VI                    : TUMARYO

Kasatlinmas                 : SUKIRNO

 

 

  1. POTENSI UKM

Desa Lubuk Banjar merupakan salah satu dari 7 Desa di kecamatan Lubuk Raja yang memiliki potensi UKM :

  1. Makanan Ringan
  2. Tempe dan Tahu
  3. Meubeler
  4. Konveksi
  5. PENUTUP

Demikian profil Desa ini disampaiakan dalam rangka pemberian informasi dan sekaligus mengikuti penilaian lomba Desa tingkat Kabupaten dan Provinsi  tahun 2017. Kami berharap Profil yang kami buat ini dapat memberikan gambaran kepada Tim Penilai Lomba Desa tentang keadaan Desa Lubuk Banjar. Profil ini jauh dari kesempurnaan namun kami berupaya menyajikan yang terbaik tentang informasi Desa Lubuk Banjar.